perbedaan virus vs malware

✅ Perbedaan Virus dan Malware: Mengenal Karakteristik dan Dampaknya

ROFINGI.com — Virus adalah program atau kode yang menempel pada file dan program yang berjalan didalam komputer tanpa sepengetahuan pengguna.

Malware adalah kependekan dari Malicious Software, ini adalah istilah umum yang mencakup semua jenis perangkat lunak atau program yang dapat digunakan untuk mengganggu kemampuan komputasi secara normal.

Pada saat komputer mulai bertingkah aneh dan macet atau bahkan berhenti ketika menjalankan aplikasi tertentu, secara otomatis orang berasumsi bahwa itu adalah Virus, Worm atau jenis Malware tertentu.

Virus dan Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang bekerja untuk mempengaruhi perangkat lunak komputer serta mengumpulkan data sensitif dari pengguna.

Awalnya, Virus dan Malware diciptakan sebagai lelucon atau jahilan saja, namun ketika orang menyadari bahwa mereka dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mendapatkan sesuatu seperti data pribadi dari komputer pengguna, dan bisa menghalangi kinerjanya, mereka mulai menggunakan perangkat lunak ini untuk aktivitas lain yang ilegal/jahat.

Mungkin kita sering bingung untuk kedua istilah ini, karena sifatnya serupa tapi tak sama. Namun sebenarnya Malware praktis merupakan istilah umum yang mencakup semua jenis program dan kode berbahaya.

Istilah Virus

Virus adalah program atau kode yang menempel pada file dan program dan dijalankan di dalam komputer tanpa sepengetahuan pengguna.

Istilah “virus” telah menjadi istilah payung untuk semua jenis Malware, yang memiliki kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri dan tidak termasuk Adware dan Spyware.

Baca juga:  ✅ Pengertian Algoritma dan Pemrograman serta Perbedaan di Antara Keduanya

Virus disebut sebagai Virus, karena karakter mereka yang mirip dengan Virus sebenarnya. Mereka dapat melampirkan ke Host, File dan Program tertentu dan kemudian meniru dirinya sendiri untuk benar-benar menginfeksi komputer si target.

Mereka juga bisa melakukan perjalanan via Transferensi Data dan File untuk menginfeksi sistem komputer/perangkat lain.

Semua Virus komputer tetap buatan manusia. Hampir semua Virus melekat pada File yang bisa dijalankan, yang mengharuskan pengguna untuk menjalankan File agar Virus bisa menginfeksi suatu sistem.

Jenis-Jenis Virus Komputer

Ada dua jenis Virus yaitu; Nonresiden dan Residen.

Virus Nonresiden, setelah eksekusi dia akan segera memulai mencari Host lain yang bisa terinfeksi, menginfeksi target tersebut, dan akhirnya Mentransfer Kontrol ke Program Aplikasi yang mereka infeksi.

Virus Residen tidak segera mencari Host dan malah memasukkan dirinya ke memori saat eksekusi dan transfer kontrol ke program Host.

Tujuan Kerja Virus

Tujuan utama Virus adalah menginfeksi, mengubah dan merusak File. Ini juga bisa mengubah nama dan lokasi File dan membuat mereka korup dan menjadi tidak terbaca/rusak.

Komputer bisa dilindungi dengan menggunakan Software Antivirus dan Spyware. Untuk menghapus Virus, File yang terinfeksi bisa terhapus atau komputer bisa diformat ulang dan dikembalikan seperti semula/default.

Istilah Malware

Malware, kependekan dari Malicious Software, adalah istilah umum yang mencakup semua jenis perangkat lunak atau program yang dapat digunakan untuk mengganggu kemampuan komputasi normal seperti penjelasan diatas.

Baca juga:  ✅ Waktu Sekarang di Jepang: Update Terbaru dan Informasi Lengkap

Perangkat lunak atau program ini dapat digunakan oleh penyerang mengganggu Operasi Komputasi, mengumpulkan informasi sensitif atau mengakses sistem keamanan pribadi.

Hampir semua jenis program yang mengganggu termasuk Spam Mail termasuk dibawah malware. Malware meliputi Virus Komputer, Ransomware, Worm, Trojan Horse, Rootkit, Keyloggers, Dialer, Spyware, Adware, BHOs berbahaya, perangkat lunak keamanan penipu, dll.

Malware hadir dalam bentuk Kode, Script, Surat, Perangkat Lunak dan bahkan program yang sah.

Perangkat lunak perusak biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan statistik, data sensitif (nama, alamat, informasi kartu kredit, dll).

Mengirim e-mail spam massal, data selundupan Host, mengirim iklan, dll. Perangkat lunak yang paling umum digunakan mencakup Virus dan Worm.

Malware memanfaatkan cacat keamanan pada perangkat lunak, sistem operasi dan aplikasi. Cara yang paling umum untuk menjaga sistem dari Malware mencakup perangkat lunak Anti-Malware dan Anti-Virus.

Jika sistem sudah terinfeksi, maka System Restore dan Formatting bisa digunakan untuk memperbaiki komputer. Ada juga profesional yang bekerja untuk membersihkan komputer dari Malware dengan biaya tertentu.

Singkatnya, Malware adalah istilah generik untuk semua jenis perangkat lunak berbahaya yang ada, termasuk Virus. Virus adalah jenis Malware yang menginfeksi Sistem Eksekusi dan menyebabkannya berhenti bekerja atau macet.

Tabel Perbedaan Virus dan Malware

Virus Malware
Definisi Virus adalah kode program yang menempel pada sebuah program atau file dan menginfeksi komputer lain melalui file tersebut. Malware adalah singkatan dari perangkat lunak berbahaya. Ini adalah program yang digunakan untuk mengganggu operasi komputer, mengumpulkan data sensitif atau mendapatkan akses ke sistem pribadi.
Terkendali dari jarak jauh No Tergantung pada jenis Malware.
Jenis Virus penduduk dan virus Non-residen. Virus komputer, Ransomware, Worms, Trojan horses, Rootkits, Keyloggers, Dialers, Spyware, Adware, BHO Berbahaya, perangkat lunak keamanan Rogue.
Proses Infeksi Memasang dirinya ke file, folder atau program yang dapat dijalankan. Bisa menyebar secara otomatis atau membutuhkan campur tangan pengguna, tergantung dari jenis malwarenya.
Menginfeksi file Ya, itu memodifikasi, mengubah atau menghapus file tertentu. Dapat memodifikasi, mengubah atau menghapus data. Dapat mengumpulkan informasi dan meneruskannya ke lokasi lain.
Kecepatan Penyebaran Virus mengandalkan transfer file atau program lain agar bisa menyebar ke sistem lain. penyebaran dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat dieksekusi melalui pemindahan file dan folder.
Kecepatan Penyebaran Lebih lambat dibandingkan worm. Kecepatan tergantung jenis malware. Virus lambat menyebar, sementara worm cepat.
Jenis Malware Malware
Replikasi Ya Ya
Perlindungan Software antivirus Software antimalware
Pembersihan Antivirus, format, pengembalian sistem Antimalware, format, pengembalian sistem
Baca juga:  ✅ Perbedaan Netto, Bruto, dan Tara: Pengertian dan Contohnya

 

Demikin ulasan singkat mengenai Malware dan Virus, silahkan menambahkan jika ada yang perlu ditambah melalui form komentar dibawah. Terima kasih