cara mengatasi bluetooth aktif sendiri

✅ Mengatasi Masalah Bluetooth Aktif Sendiri di Android: Solusi dan Langkah-langkah

ROFINGI.com — Pada perangkat Android terdapat fitur Bluetooth yang memungkinkan pengguna dapat menghubungkan ponsel dengan perangkat lainnya, misalnya untuk menyalakan perangkat musik, earphone, mengirim file antar ponsel dan sebagainya.

Baca Juga:

Aplikasi Bisnis Gratis Terbaik Dari Android

Namun ada beberapa pengguna Android yang mengeluhkan Bluetooth menyala sendiri secara otomatis, padahal fitur Bluetooth tersebut sedang tidak dibutuhkan, namun Bluetooth tetap aktif dengan sendirinya.

Hal itu dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman, sebab dapat menguras sumber daya baterai ponsel. Sehingga Bluetooth akan dinonaktifkan secara manual apabila sedang tidak butuhkan lagi.

Bluetooth yang menyala sendiri dan aktif di Android merupakan hal yang wajar, sebab di sistem Android terdapat fitur pemindaian keakuratan lokasi menggunakan Bluetooth.

Baca juga:  ✅ 6 Cara Mengirim File dari Laptop ke HP dengan Mudah

Jadi jangan berburuk sangka dulu pada ponsel kamu ya, bisa jadi secara tidak sengaja kamu telah mengaktifkan pemindaian keakuratan lokasi dengan Bluetooth.

Baca Juga:

Paling Dicari! Aplikasi Penghemat Kuota

Cara Menonaktifkan Pemindaian Bluetooth

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa Bluetooth aktif sendiri dapat disebabkan pengguna dengan sengaja atau tidak, telah mengaktifkan pemindaian lokasi dengan Bluetooth pada ponsel Android.

Maka dari itu agar Bluetooth tidak menyala otomatis, kamu harus mematikan fitur pemindaian keakuratan lokasi, caranya:

  1. Buka Pengaturan dan pilih menu Keamanan & Lokasi > Lokasi. Apabila punya kamu tidak ada atau berbeda, silakan memilih memilih menu yang terdapat lokasi, misalnya: Location Services
  2. Kemudian silakan cari dan pilih menu Pemindaian (Scanning)
  3. Apabila sudah ketemu, maka akan terdapat dua opsi pemindaian yakni: Pemindaian Wi-Fi dan Pemindaian Bluetooth
  4. Jika pada opsi Pemindaian Bluetooth telah diaktifkan, maka silakan kamu menonaktifkan saja dengan sentuh Toggle menjadi Turn Off
Baca juga:  ✅ Koleksi Terbaru: Daftar Ringtone WA Unik dan Lucu yang Akan Membuat Tersenyum

Baca Juga:

Aplikasi Edit Foto Biar Jadi Viral, Wajib Coba‼

Setelah mengikuti cara diatas ini, kamu bisa mengujinya dengan pengecekan dalam satu hari untuk melihat apakah fitur Bluetooth di Android masih menyala secara otomatis atau tidak.

Nah itulah bagaimana tutorial untuk mengatasi Bluetooth di Android yang otomatis hidup sendiri, semoga di pembahasan yang singkat ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu selama ini.