kapan tiktok dirilis

✅ Sejarah Singkat TikTok: Kapan Aplikasi Ini Pertama Kali Diluncurkan?

ROFINGI.com — Kamu sekarang lagi suka main TikTok dibandingkan IG atau Facebook? wajar, kamu tidak sendirian karena memang menurut data terbaru yang sudah ramai di publish, TikTok menjadi Aplikasi yang pertumbuhannya sangat drastis dan bahkan diprediksi akan menyaingi pemain media lain seperti Instagram dan juga Facebook.

Yuks simak ulasan singkat kami mengapa TikTok ini bisa se-boombastis sekarang

Kapan TikTok Dirilis?

Aplikasi TikTok perdana di rilis pada September 2016 (Wikipedia). Sebelum ada TikTok dinegara asalanya (Tiongkok) lebih dulu ada layanan bernama Douyin, sebuah Aplikasi berbagi video pendek dari berbagai Genre yang memungkinkan penggunanya menambahkan bermacam-macam seperti halnya lelucon, musik, dance, atau filter lainnya.

TikTok sendiri adalah versi Internasional-nya dari Douyin, yang di publikasikan untuk luar Tiongkok serta tersedia di GooglePlay dan App Store pada tahun 2017.

Kendati pada tahun tersebut sudah tersedia untuk di unduh, namun bisa dibilang titik baliknya adalah pada tahun berikutnya 2018 setelah perusahaan mengakuisisi layanan Musical.ly yaitu pada 2 Agustus 2018.

Baca juga:  ✅ Penyebab Umum Laptop atau PC Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Dan ketertarikan pengguna terhadap TikTok semakin tak terbendung, hingga pada Oktober 2020 unduhannya tercatat sudah mencapai lebih dari 2 Milliar dari seluruh dunia.

Ini menjadi unduhan terbanyak ketiga ketika itu setelah Aplikasi Zoom dan Peacock.

Kenapa TikTok Pernah di Blokir di Indonesia

Pada tahun 2018 tepatnya tanggal 3 Juli TikTok resmi diblokir oleh pemerintah Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Namun pemblokiran itu bersifat sementara, alasannya; ketika itu TikTok masih banyak sekali konten yang mengandung unsur pornografi, asusila, dan sensitifitas terhadap agama tertentu.

Ketika TikTok diblokir Menteri Kominfo-nya adalah Pak Rudiantara, seorang menteri dari kalangan profesional kehaliran 3 Mei 1959.

Aplikasi TikTok diblokir Kominfo tidak lama, blokir kembali dibuka setelah ada kesepakatan seperti penghapusan konten yang tidak di perkenankan bisa di akses di Indonesia, perihal DNS, dan keharusan membuka kantor cabang di Indonesia.

Baca juga:  ✅ Mengatasi Masalah Bluetooth Aktif Sendiri di Android: Solusi dan Langkah-langkah

Kapan Nama Domain TikTok Didaftarkan

Kendati Aplikasi TikTok sendiri baru dipasarkan pada tahun 2016, tapi sejatinya nama Domain TikTok.com sudah jauh hari dan tahun didaftarkan.

Menurut data di Whois nama Domain TikTok.com pertama kali didaftarkan pada 20 Juli 1996, namun dapat terekam tampilannya untuk pertama kali oleh website archive.org pada 6 Desember 1998.

tampilan website tiktok.com untuk pertama kali
Tampilan Website TikTok.com Saat Pertama Kali

Apakah Bisa Melihat TikTok Tanpa Akun?

Jawabannya Bisa, kamu bisa menonton video di TikTok bahkan tanpa membuat akun terlebih dulu. Caranya kamu hanya perlu membuka browser dan mengetikan TikTok.com.

Hanya saja fitur yang terlihat tidak akan selengkap jika kamu menggunakan layanan TikTok ini via Aplikasi dan sudah membuat akun yang dihubungkan.

Apa saja kekurangan melihat TikTok tanpa akun?

  • Tidak bisa memberi komentar pada video yang di tonton
  • Tidak bisa mengunggah video
  • Tidak bisa memberi penilaian seperti like
  • Tidak bisa Follow / mengikuti akun orang lain
  • Tampilannya terbatas

Itu beberapa alasan kenapa kamu harus coba memulai dan menonton video di TikTok via Aplikasi. Akan ada banyak Insert yang bakal kamu dapetin, karena TikTok yang sekarang mungkin tidak seperti Tik-Tok yang kamu bayangkan selama ini yaitu hanya konten yang isinya joged dan alay.

Baca juga:  ✅ Ini Dia! Cara Mengakses Situs Web yang Diblokir Pemerintah dengan Mudah dan Aman

Sama seperti halnya Instagram, kamu hanya perlu menyesuiakan interest dengan mencarinya di kolom pencarian, atau melihat yang sedang pengguna banyak lihat (viral), begitu juga di Tik Tok ini.