3 alasan hosting sering down

✅ Mengatasi Masalah Server Hosting yang Sering Mengalami Downtime

ROFINGI.com — Hosting merupakan istilah yang menjelaskan sebuah tempat maupun Jasa Internet untuk membuat sebuah Website yang kamu rancang menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain darimana saja.

Pengertian Hosting juga mengacu sebagai jasa layanan Internet sebagai penyedia sumber daya server yang bisa disewakan dan mewujudkan kemungkinan Oganisasi atau Individu untuk bisa menempatkan informasi di Internet dalam bentuk HTTP, FTP, EMAIL, atau bahkan DNS.

Baca Juga:

Paling Dicari! Aplikasi Penghemat Kuota

Bagi para pemilik Website, kamu pasti pernah dan mungkin akrab dengan istilah kejadian server Hosting down.

Hal ini menyebabkan Website kamu menjadi tidak dapat diakses oleh orang lain. Karena berhubungan dengan bisnis, kamu mungkin akan bertanya mengapa server Hosting bisa atau bahkan kerap mengalami down?

Beberapa penyebab berikut mungkin bisa menjelaskan kepada kamu alasan mengapa sebuah layanan Server Hosting sering mengalami down.

  1. Trafik terlalu tinggi. Ini menjadi alasan yang klasik mengapa Server Hosting menjadi down. Namun perlu kamu ingat bahwa kejadian ini normal mengingat Shared Hosting digunakan secara bersama dengan ratusan domain lain, sehingga pada jam-jam sibuk tertentu bisa saja terjadi slow respon atau mungkin error bahkan secara total tidak bisa diakses.
  2. Data center penyedia Server Hosting mengalami down. Kemungkinan kedua dari penyebab down suatu Server Hosting adalah terlalu banyak proses yang terjadi pada Server Hosting tanpa diketahui. Misalkan pada proses Back Up data rutin, sinkronisasi antara Server dengan data center, dan lain-lain. Kinerja Server sangat terpengarh dengan berjalannya proses-proses ini meski pihak pengelola telah menyediakan jadwal Back-Up di waktu tertentu.
  3. Gagal operasi. Ini bisa jadi karena sistem operasi Server, Database, hingga perangkat keras Server mengalami kesalahan.
Baca juga:  ✅ Keamanan Cryptocurrency: Mengungkap Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

Server down memang mengakibatkan kerugian bagi pihak pemilik Website. Namun, bukan berarti satu-satunya penyebab Website tidak bisa dibuka adalah Server Hosting down.

Perlu kamu ketahui kemungkinan-kemungkinan lain dari penyebab Website kamu tidak bisa diakses, di antaranya:

  1.  IP kamu diblokir oleh Firewall Server. Hal ini berpotensi membuat Website kamu tidak bisa diakses dari komputer kamu namun bisa diakses dari komputer lain. Kemungkinannya bisa jadi karena tingginya akses menuju Server sehingga dianggap sebagai bentuk DDOS. Bisa jadi karena kemungkinan penggunaan ip dinamis yang digunakan oleh terlalu banyak orang.
  2. Kesalahan pada DNS. Tidak selamanya pihak penyedia Hosting menjadi pihak yang harus disalahkan ketika Website kamu tidak bisa dibuka. DNS bisa menjadi penyebab lain. Untuk mengatasinya, coba kamu ganti DNS default penyedia ISP kamu ke DNS yang terkenal cepat seperti DNS Google.
Baca juga:  ✅ Panduan untuk Membuat Pengalaman Menonton YouTube Aman dan Terkontrol bagi Anak

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai kemungkinan penyebab Server Hosting sering mengalami down. Jadi, jangan langsung menyimpulkan bahwa hal ini adalah salah dari pihak penyedia Hosting.

Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa berlaku untuk kenapasebuah Server Hosting bisa mengalai down dan terganggu. Pertama kamu perlu memastikan ke pihak penyedia layanan, kamu akan dibantu untuk menemukan solusi dari setiap kendala yang ada.