asuransi untuk usia lanjut atau lansia

✅ Keuntungan Asuransi Jiwa untuk Lansia: Menjaga Kesejahteraan Finansial di Usia Lanjut

ROFINGI.com — Adakah Asuransi Jiwa Untuk Usia Lanjut? jika kita melihat keadaannya dimana Asuransi teruntuk orang yang sudah usia lanjut tentunya yang tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan, premi flat dan juga jaminan perlindungan yang tidak boleh dibatalkan. Dibawah ini ada beberapa informasi produk Asuransi Jiwa khusus untuk usia lanjut:

Baca Juga:

Paling Dicari! Aplikasi Penghemat Kuota

kelebihan kekurangan asuransi lansia

Asuransi Jiwa Berjangka (Term)

Asuransi ini sudah cukup umum dikenal orang, namun biasanya mereka berinvestasi dengan Polis Asuransi ini sejak mereka muda.

Asuransi Jiwa berjangka cocok bagi mereka yang masih memiliki tanggungan misalnya KPR atau biaya sekolah anak, namun kebanyakan lansia memilih Asuransi lainnya karena perbedaan kebutuhan.

Namun, Anda mungkin tetap mau melihat Pro dan Kontra dari Asuransi Jiwa berjangka yang satu ini, sebelum memutuskan untuk membeli Asuransi untuk Anda sendiri ataupun orang tua Anda.

Baca Juga:

Daftar Pinjol Legal OJK, Dapat Ulasan Baik Terbanyak!

Kelebihan

Asuransi ini secara general lebih terjangkau daripada Asuransi Jiwa seumur hidup. Beberapa orang sempat terkaget-kaget betapa murahnya beberapa Polis Asuransi jiwa berjangka ini.

Polis Asuransi ini biasanya lebih Fleksibel karena Anda bisa memilih jangka waktu, nilai pertanggungan serta jumlah preminya. Nilai pertanggungan bisa sangat berbeda-beda, dan Anda bisa memilih jangka waktu panjang atau pendek sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga:  ✅ Cara Kerja Kamera Tembus Pandang: Penjelasan Ilmiah di Balik Teknologi yang Mengagumkan
Kekurangan

Perusahaan Asuransi terkadang lebih focus kepada isu-isu kesehatan saat mengeluarkan Polis Asuransi ini, yang menyebabkan nasabah yang kurang sehat kesulitan untuk mendapatkan Approval Polis.

Banyak perusahaan yang tidak lagi menawarkan Asuransi berjangka ini kepada nasabah yang berusia di atas 80 tahun. Hanya segelintir perusahaan Asuransi yang masih mau bekerjasama dengan lansia, itupun yang memiliki sehat prima.

Kebanyakan lansia tidak menginginkan nilai pertanggungan yang besar, namun terkadang Asuransi ini tidak menyediakan pilihan nilai pertanggungan kecil.

Baca Juga:

Cara Cek BSU di Aplikasi JMO

Asuransi Jiwa Yang Dijamin

Anda mungkin pernah mendengar tentang Jaminan Asuransi Jiwa bagi manula dan bertanya-tanya apakah jaminan tersebut benar-benar berlaku.

Jawaban adalah YA, Polis Asuransi ini tidak mendiskriminasi orang karena usia atau kesehatan mereka.

Ini berarti bahwa Asuransi Jiwa ini adalah pilihan terbaik bagi lansia yang memiliki beberapa masalah kesehatan atau yang sedikit lebih tua.

Kelebihan

Jaminan Asuransi Jiwa merupakan pilihan menguntungkan bagi mereka yang kurang sehat, karena tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Kekurangan

Kebanyakan Asuransi ini tidak akan melakukan pembayaran selama 24 bulan setelah pembukaan polis. Artinya, lansia yang meninggal dalam masa ini tidak akan mendapatkan uang pertanggungan.

Namun, perusahaan akan mengembalikan dana yang telah disetor dan akan membatalkan Polis jika kematian terjadi dalam dua tahun pertama.

Asuransi ini biasanya lebih mahal daripada pilihan Asuransi Jiwa lainnya.

Baca juga:  ✅ Tips Ampuh: Cara Mengatasi Masalah Download yang Lambat di Android

Baca Juga:

5 Aplikasi Canggih Ubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Didesain untuk membangun nilai tunai yang dibayarkan pada saat nasabah meninggal, Asuransi ini akan terus berlaku sepanjang hidup.

Dengan Asuransi Jiwa seumur hidup, Anda menyetor uang yang cukup besar setiap bulannya, namun hasil yang didapat pada saat meninggal pun akan sangat besar.

Kelebihan

Besarnya nilai pertanggungan menjadi pertimbangan utama, asuransi seumur hidup ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Asuransi ini benar-benar meningkatkan nilai uang dari tahun ke tahun, dan banyak perusahaan menawarkan garansi jumlah uang yang diinvestasikan.

Jika Anda tertarik untuk mengambil keuntungan dari investasi tanpa ribet, ini salah satu pilihan bagus.

Kekurangan

Asuransi ini adalah yang termahal dibandingkan beberapa pilihan lainnya, jadi agak kurang cocok bagi mereka yang berkantong tipis.

Dengan Asuransi ini Anda mengijinkan perusahaan Asuransi untuk berinvestasi atas nama Anda.

Kalau Anda mau berinvestasi sendiri, sebenarnya Anda bisa meraih keuntungan yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan tipikal manager Investasi dari perusahaan Asuransi cenderung konservatif, sehingga imbal hasil tidak akan setinggi jika Anda memilih sendiri Instrument investasinya.

Baca Juga:

Kamera Tembus Pandang? Kok Bisa

Asuransi Pemakaman

Sayangnya, Asuransi pemakaman ini masih dalam tahap penggodokan oleh OJK dan belum diimplementasikan di Indonesia. Namun, jika menilik dari Asuransi pemakaman yang telah berjalan di Luar Negeri, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga:  ✅ Mengapa Laptop Lebih Unggul daripada Komputer? Baca Lengkapnya Sekarang
Kelebihan

Tidak membutuhkan pemeriksaan kesehatan

Asuransi pemakaman tersedia dalam berbagai pilihan nilai, jadi Anda bisa memilih nilai pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Beberapa asuransi pemakaman biasanya tidak membutuhkan Waiting Period atau waktu tunggu.

Ini artinya keluarga Anda bisa mendapatkan uang pertanggungan segera setelah kematian, bahkan beberapa hari setelah penandatanganan Polis.

Kekurangan

Nilai Asuransi pemakaman ini biasanya jauh lebih rendah dari Polis Asuransi yang lain, hanya cukup untuk biaya pemakaman dan beberapa hal terkait lainnya dan tidak akan ada sisa untuk keluarga ataupun hutang yang ditinggalkan.

Perlu ditekankan dalam memilih perencanaan jaminan Asuransi Jiwa yang tepat sangat membantu keluarga dalam halnya segala tagihan kesehatan, pembiayaan pemakaman dan juga biaya lainnya, sehingga masih sangatlah penting Asuransi Jiwa untuk usia lanjut.