penyebab batrai laptop cepat rusak

✅ Penyebab Umum Baterai Laptop Mudah Rusak dan Cara Mencegahnya

ROFINGI.com — Masalah yang sering kita temui ketika memakai laptop dengan jangka waktu yang lama, salah satunya merasakan cepat habisnya daya batrai pada laptop ketika sedang kita gunakan.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, apa saja faktor yang membuat batrai pada laptop secap rusak? mari simak ulasannya tentang Kenapa Batrai Pada Laptop Cepat Rusak atau daya simpan menurun drastis.

Baca Juga:

7 Ciri-Ciri Flashdisk Palsu Yang Harus Kamu Tau

Macam-macam masalah pada laptop ketika batrai mulai bermasalah, seperti cepat habis atau bahkan tidak menyimpan daya ketika di pakai tanpa di colokan ke stopkontak, atau dicolokan ke stopkontak tetapi tidak bisa menyala atau menyala tapi hanya sebentar saja.

Tapi ada masalah yang kadang diluar pengetahuan kita, laptopnya tiba-tiba mati walaupun bar baterainya terlihat full, ada juga yang baterainya tiba-tiba habis dalam waktu yang sangat singkat tanpa sebab yang jelas.

Baca juga:  ✅ Mengenal Ciri-Ciri Flashdisk Palsu: Bagaimana Membedakannya dengan Yang Asli

Hal-hal tersebut akan sangat menggangu apalagi untuk kamu yang membutuhkan fungsi laptop kapanpun dan dimanapun.

Mungkin kamu belum tahu apa saja penyebab dari rusaknya baterai pada laptop kamu serta kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak baterai laptop.

Berikut ini adalah penyebab baterai laptop cepat rusak yang perlu untuk kamu ketahui.

Baca Juga:

Ini Dia! Cara Buka Web Yang Diblokir Pemerintah

Penggunaan Laptop Secara Berlebihan

Hal ini memang tak dapat dipungkiri karena apapun juga yang digunakan secara berlebihan tidak akan bisa tahan lama.

Begitu juga dengan baterai laptop kamu. Aktifitas yang menyita banyak energy laptop seperti bermain game hingga menyalakanya 10 jam non stop dapat menambah beban pada laptop kamu.

Itu akan sangat berpengaruh bagi baterai yang harus kerja ekstra untuk mensupply energy.

Membiarkan Laptop Mati Tanpa Sisa Baterai

Mungkin kamu pernah berpikir bila laptop dimatiakan dalam keadaan baterai kosong akan baik-baik saja. Hal itu ternyata salah besar.

Walaupun laptop dalam keaadaan mati, ia masih tetap memerlukan energy dari baterai. Sehingga bila kamu membiarkanya mati dalam keaadaan tanpa baterai, kamu telah memaksa laptop dan baterai laptop untuk rusak.

Baca juga:  ✅ Cara Kerja Kamera Tembus Pandang: Penjelasan Ilmiah di Balik Teknologi yang Mengagumkan

Baca Juga:

Paling Dicari! Aplikasi Penghemat Kuota

Menggunakan Laptop Saat Masih di Charge

Hal tersebut sering sekali dilakukan banyak orang. Tuntutan tugas dan pekerjaan membuat kamu untuk tetap menggunakan laptop walaupun masih di charge. Ibaratnya kamu sedang makan lalu dipaksa untuk berlari mengelilingi lapangan selama 4 jam.

Sakit bukan? Itulah yang dialami laptop kamu bila kamu menggunakanya saat masih di charge. Hal itu juga dapat memperpendek umur baterai laptop itu sendiri. Sayang sekali bukan?

Meletakan Laptop Diatas Bahan Yang Empuk

Bagi kamu yang hobi memainkan laptop diatas kasur dan bantal,disarankan untuk mengurangi aktivitas tersebut.

Hal tersebut dapat memperpendek usia baterai laptop karena dipaksa bekerja keras dalam keaadaan panas. Alas seperti bantal dan kasur sulit untuk melepas panas tapi mudah menyerapnya sehingga kurang baik digunakan menjadi alas laptop.

Baca Juga:

Work! Cara Lihat Password Wi-Fi Tetangga

Terlalu Lama men-Charger

Yang satu ini juga tak kalah popular. Saat sedang mencharge laptop tiba-tiba kamu ketiduran dan lupa mencabut.

Baca juga:  ✅ Penyebab Umum Laptop atau PC Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Otomatis laptop akan kelebihan beban yaitu energy. Bila hal itu terus menerus terjadi akan membuat baterai kembung dan tidak bisa lagi menyimpan energy.

Disarankan untuk menggunakan alarm agar kamu tidak lupa bila sedang melakukan pengisian energy ke laptop.

Itulah beberapa penyebab dari keluhan baterai laptop yang cepat rusak. Gunakanlah segal sesuatu dengan cukup dan seimbang agar awet dan terjaga. Semoga bermanfaat.