solusi laptop cepat panas

✅ Tips Ampuh Mengatasi Laptop yang Mudah Panas: Solusi dan Tindakan yang Efektif

ROFINGI.com — Pastinya kamu sering mengalami ketika laptop sedang asyik digunakan ternyata dibagian bawah terasa terlalu panas, bersuhu tinggi dan mungkin sampai mengkhawatirkan. Tidak usah terlalu khawatir, teruskan baca artikel ini untuk mendapatkan informasi cara mengatasinya.

Laptop panas bisa disebabkan banyak hal, seperti terlalu lama dinyalakan, membuka web yang terlalu berat sehingga memaksa laptop bekerja ekstra ,hingga adanya kerusakan bawaan pada laptop kamu itu.

Baca Juga:

Penyebab Laptop atau PC Menjadi Lemot

Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang bisa membantu kamu dalam mengatasi laptop yang mudah panas.

1. Memakai Cooling Pad

Cooling Pad memang telah menjadi pilihan umum masyarakat untuk mendinginkan laptop. Namun hal itu dirasa kurang melihat kemampuan cooling pad yang hanya bisa menurukan 1 sampai 5 derajat saja pada suhunya.

Baca juga:  ✅ Penyebab Umum Laptop atau PC Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

2. Membersihkan Kipas atau Heatsink

Laptop panas bisa jadi disebabkan oleh kipas yang berdebu dan kotor sehingga sirkulasi yang seharusnya bisa mendinginkan tidak berkerja optimal. Kotoran yang menumpuk bisa menurunkan daya kerja dari kipas yang berfungsi menjaga suhu laptop tetap normal.

Usahakan bersihkan kipas laptop kamu antara 3-4 minggu sekali dengan pelumas khusus agar kipas bisa bekerja maksimal kembali.

Baca Juga:

Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

3. Mengganti Thermal Paste CPU

Thermal paste berfungsi untuk penghantar panas pada CPU dan prosesor. Bila Thermal paste telah mengeras, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru supaya tidak membebani laptop kamu.

4. Memilih Tempat Peletakan Laptop Cecara Tepat

Hal paling lumrah dilakukan orang-orang adalah menyalakan laptop dan meletakanya diatas paha, kasur, bantal, ataupun media-media yang tidak tepat.

Baca juga:  ✅ Cara Cepat Membangun Channel YouTube yang Sukses: Keterampilan dan Strategi yang Diperlukan

Meletakan laptop ditempat yang tidak tepat dapat memperpendek umur laptop. Selain itu juga dapat membuat laptop cepat panas karena udara yang seharusnya digunakan untuk mendinginkan melalui kipas tidak bisa masuk dan terhalang.

Maka dari itu, disarankan untuk meletakan laptop ditempat yang sesuai seperti meja, lantai, atau kursi supaya laptop tidak menahan panas terlalu besar.

Baca Juga:

5 Fitur Terbaru WhatsApp, Wajib Tau!

5. Gunakan Pada Batas Normal

Tips yang terakhir ini adalah tidak kalah pentingnya, jangan menyalakan laptop lebih dari 8 jam secara nonstop. Itu bisa merusak jaringan laptop dan membuatnya mudah panas.

Gunakan laptop 2 sampai 4 jam saja perhari agar kondisi dan suhu laptop dapat tetap stabil dan laptop pun lebih awet, andai terpaksa digunakan untuk bekerja lama usahakan saat kamu istirahat laptop juga diberi waktu untuk istirahat.

Baca juga:  ✅ 6 Cara Mengirim File dari Laptop ke HP dengan Mudah

Itulah beberapa tips mengatasi laptop yang mudah panas, semoga bisa menambah kesadaran kita dalam merawat alat kerja agar bisa lebih awet dan lancar jaya.