Perbedaan Waktu Indonesia Dan New Zealand

✅ Perbedaan Waktu Indonesia dan New Zealand: Memahami Konteks Geografis dan Iklim

ROFINGI.com — Pernahkah kamu mengunjungi New Zealand? dan adakah perbedaan atau selisih waktu antara Indonesia dengan New Zealand? mungkin itu yang menjadi pertanyaan setiap orang yang ingin mengetahui perbedaan waktu antara Indonesia dan New Zealand.

Jika benar, tepat sekali kamu berada disini. Mengetahui perbedaan waktu antara negara kita dengan negara lain adalah suatu wawasan pengetahuan tambahan yang harus kita tahu.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang terletak di Benua Asia. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang dilewati oleh garis Khatulistiwa (Kota Pontianak, Kepulauan Batu, Pulau Sumatera, Pulau Lingga, Bontang, Sulawesi Tengah, Kepulauan Kayoa, Amberi, dan Gebe).

Fakta Unik Dari New Zealand

Sebelum membicarakan perbedaan waktu Indonesia dengan New Zealand, Kamu perlu tahu nih fakta-fakta menarik tentang negara yang keren ini. New Zealand atau lebih kita kenal juga dengan Selandia Baru merupakan salah satu bagian dari Benua Australia.

Baca juga:  ✅ Perbedaan Teknologi HDD dan SSD: Mengenal Konsep dan Contoh Penggunaan

Meskipun pernah ditawari untuk membuat negaranya sendiri, namun Selandia Baru ini lebih memilih untuk tetap menjalin hubungan dengan Australia

Apakah juga kamu tahu kalau orang-orang di Selandia Baru memiliki sebutan Kiwi. Namun, jangan berpikiran bahwa Kiwi merupakan sebutan yang terinspirasi dari nama buah ya. Sebutan Kiwi ternyata adalah inspirasi dari jenis burung yang tidak dapat terbang yang terdapat di Selandia Baru.

Hal yang menakjubkan dari New Zealand adalah Negara ini merupakan Negara besar yang pertama kalinya memiliki hak pilih yang universal.

Yaitu semua warga negaranya baik pria atau pun wanita bisa memilih mulai terjadi sejak tahun 1983, makasudnya perempuan mempunyai hak pilih di abad modern dibanding Negara lainnya (baca : Wiki)

Selandia Baru memiliki salah satu satwa yang menarik, satwa tersebut adalah Moa. Moa merupakan jenis burung asli New Zealand yang dapat berdiri dengan tinggi 12 kaki (3.5 meter).

Burung ini merupakan burung yang terbesar dalam sejarah di dunia, beratnya mencapai 300 kg. Karena burung ini sangat menarik, maka mereka diburu oleh banyak orang untuk mendapatakan sesuatu darinya yang berharga, dan akhirnya burung ini mengalami kepunahan perkiraan pada tahun 1500.

Baca juga:  ✅ Perbedaan Waktu Taiwan dan Indonesia: Dampaknya pada Kerjasama Internasional

Selisih Waktu Indonesia – New Zealand

Selandia Baru / New Zealand berada di GMT+12

Indonesia (WIB) berada di GMT+7

Indonesia (WITA) berada di GMT+8

Indonesia (WIT) berada di GMT+9

Membacanya : New Zealand lebih cepat 5 jam dari Indonesai (WIB), lebih cepat 4 jam dari Indonesia (WITA), lebih cepat 3 jam dari Indonesia (WIT).

Jarak Indonesia ke New Zealand

Setelah mengetahui perbedaan waktu antara Indonesia dengan Selandia Baru, kamu juga harus tahu berapa jarak antara Indonesia dengan Selandia Baru untuk menambah wawasan.

Jaraknya kurang lebih mencapai 7.725 km. Pada hari-hari tertentu, terdapat aturan yang mengharuskan untuk mengubah waktu baik itu dimajukan atau dimundurkan di New Zealand.

Waktu di New Zealand Sekarang

Perbedaan waktu tersebut dikarenakan adanya Daylight Saving Time yang digunakan. Sebenarnya, selisih jam Indonesia dengan New Zealand mencapai 6 jam.

Baca juga:  ✅ Pengertian Algoritma dan Pemrograman serta Perbedaan di Antara Keduanya

Daylight Saving Time di Selandia Baru adalah di musim panas dari minggu terakhir di bulan September hingga minggu pertama di Bulan April. Pemberlakuan waktunya adalah 1 jam lebih awal dari waktu sebelumnya.

Perbedaan zona waktu yang ada di Selandia Baru sendiri dibedakan menjadi dua. Pertama yaitu “New Zealand Standard Time” yaitu GMT+12. Dan zona waktu yang kedua yaitu “Chatham Standard Time” yaitu GMT +12.45.

Chatham Islands adalah nama dari sebuah kepulauan di Samudra Pasific, berada sekitar 800 km dari kota Christchurch di Selandia Baru.

Dengan demikian, selisih jam Indonesia dengan New Zealand hampir mencapai 6 jam jika yang digunakan waktu di Kepulauan Chatham. Jadi, untuk Anda yang memiliki rencana untuk berlibur di New Zealand, Anda bisa mengalami perbedaan waktu yang cukup banyak di bulan-bulan tertentu yaitu di bulan April dan September.

jakarta new zealand berapa jam, perbedaan australia dan new zealand, gaya hidup di new zealand, oleh oleh khas new zealand, jam berapa sekarang di auckland, peta new zealand, belanja di new zealand, waktu di selandia baru